UPAYA PENUMPANG PEREMPUAN DALAM MENGAKSES LITERASI PENDIDIKAN SEKSUAL UNTUK MENCEGAH PELECEHAN SEKSUAL DI KERETA REL LISTRIK (KRL)

PUTRI, KHAIRUNNISA LANTI (2024) UPAYA PENUMPANG PEREMPUAN DALAM MENGAKSES LITERASI PENDIDIKAN SEKSUAL UNTUK MENCEGAH PELECEHAN SEKSUAL DI KERETA REL LISTRIK (KRL). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (978kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (342kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji upaya penumpang perempuan dalam mengakses literasi pendidikan seksual untuk mencegah pelecehan seksual di Kereta Rel Listrik. KRL menjadi sarana transportasi umum bagi penumpang perempuan yang ingin berpergian. Tidak jarang KRL sering terjadi pelecehan seksual pada penumpang wanita. Penumpang wanita harus membekali dirinya seperti meliterasi dirinya sendiri tentang pendidikan seksual. Dalam menganalisis upaya penumpang perempuan dalam mengakses literasi pendidikan seksual untuk mencegah pelecehan seksual di Kereta Rel Listrik, peneliti menggunakan teori Tindakan Sosial oleh Max Weber dan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konsep peran, dimana peran ini menjelaskan mengenai tugas, tanggung jawab, dan hak yang melekat pada tiap individu dalam suatu kelompok atau masyarakat. Dalam hal ini penumpang perempuan sudah berperan dalam mengakses literasi pendidikan seksual. Mereka mempunyai kesadaran masing-masing untuk mengakses pendidikan seksual yang mudah untuk membekali dirinya sendiri mengenai pengetahuan seksual supaya mereka tidak tabu. Penumpang perempuan dalam meliterasi dirinya sendiri mengenai pendidikan seksual mengakses pada beberapa akun sosial media seperti Instagram, TikTok, dan Artikel. Pada akun Instagrama terdapat pada akun @indonesiafeminis dan @komnasperempuan, Tiktok @sapa.institute, dan Artikel konde.co. Dari penelitian ini diharapkan di setiap stasiun di setiap stasiun dan di dalam kereta lebih banyak lagi informasi-informasi tentang pesan-pesan yang disampaikan untuk menghimbau para penumpang lebih berhati-hati dalam menjaga dirinya ketika berada di KRL dan juga penambahan jumlah kereta karena penumpang KRL yang semakin banyak supaya penumpang bisa semakin nyaman dan aman dalam naik kereta termasuk pada perempuan. Kata kunci: Kereta Rel Listrik, Penumpang Perempuan, Literasi Pendidikan Seksual, Teori Tindakan Sosial Max Weber

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:30
Last Modified: 18 Mar 2024 04:30
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10039

Actions (login required)

View Item View Item