REKONSTRUKSI NILAI KESADARAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT PADA PROGRAM KARTU JAKARTA MAHASISWA UNGGUL (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Nasional Penerima KJMU)

Riza, Faizal (2024) REKONSTRUKSI NILAI KESADARAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT PADA PROGRAM KARTU JAKARTA MAHASISWA UNGGUL (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Nasional Penerima KJMU). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (873kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (378kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam rekonstuksi praktik sosial melalui kegiatan pengabdian masyarakat pada Program Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) di Universitas Nasional. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dan teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposif, yaitu mahasiswa Universitas Nasional penerima KJMU. Teori yang digunakan dalam peneltian ini adalah teori rekonstruksi sosial Michael Burawoy. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerimaan KJMU menciptakan transformasi dalam tanggung jawab dan keterlibatan mahasiswa terhadap pengabdian masyarakat. Sebelumnya, mahasiswa cenderung fokus pada tugas akademis dan kegiatan intra kampus, namun KJMU membawa pergeseran paradigma dengan mendorong keterlibatan langsung dalam masyarakat. Penelitian menemukan konsep rekonstruksi muncul sebagai elemen kunci dalam memahami perubahan paradigma dan peran mahasiswa setelah menerima KJMU. Dalam penelitian yang telah dilakukan, rekonstruksi program ini mampu menciptakan paradigma baru, meningkatkan kesadaran sosial, dan mendorong partisipasi aktif dalam komunitas. Mahasiswa yang awalnya kurang memperhatikan realitas sosial, terutama di kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah, mengalami perubahan pemahaman dan tindakan setelah menerima KJMU. Program ini bukan hanya memberikan dukungan finansial, tetapi juga berfungsi sebagai instrumen rekonstruksi sosial yang membentuk mahasiswa menjadi agen perubahan yang aktif dalam memperbaiki kondisi sosial di sekitarnya. Kata kunci: Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul, rekonstruksi sosial, kesadaran sosial

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:09
Last Modified: 18 Mar 2024 04:09
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10032

Actions (login required)

View Item View Item